Sabtu, 06 Juni 2015

MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL

Media pembelajaran audio visual merujuk kepada media pembelajaran yang padanya mengandung komponen (unsur) berupa visual (pemandangan/gambar/dilihat) dan audio (suara/didengar). Jadi media pembelajaran audio visual adalah perantara atau penyampai pesan pembelajaran yang mengandung komponen visual dan suara. Karena menggunakan lebih dari satu indera dalam pemanfaatannya, maka media audiovisual seringkali juga dimasukkan ke dalam kelompok multimedia.
Media pembelajaran audio visual terdiri dari beragam bentuk. Jika kita menengok ke beberapa dekade yang lalu maka kitapun sudah mhttps://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1296615775405745815#editor/target=post;postID=5338168525583582243engenal media pembelajaran audio visual tradisional seperti:

  • Media pembelajaran audio visual jenis taktil (sentuh) seperti globe (bola bumi), beragam bentuk peta dan relief, serta berbagai bentuk media pembelajaran manipulatif lainnya.
  • Media pembelajaran visual seperti slide, foto-foto, film, dan rekaman video.Media pembelajaran audio seperti rekaman pita kaset, CD (Compact Disc), dan sebagainya.  
  • Media AudioVisual
    Ø  Kelebihan media audio visual gerak
    ·        Kelebihan dan kekurangan film
    a.      Keuntungan atau manfaat film
    1.      Film dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses pembuatan suatu keterampilan tangan dan sebagainya.
    2.      Dapat menimbulkan kesan ruang dan waktu.
    3.      Penggambarannya bersifat 3 dimensional.
    4.      Suara yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi murni.
    5.      Dapat menyampaikan suara seorang ahli sekaligus melihat penampilannya.
    6.      Kalau film dan video tersebut berwarna akan dapat menambah realita objek yang diperagakan.
    7.      Dapat menggambarkan teori sain dan animasi.
    b.      Kekurangan-kekurangan film
    1.      Film bersuara tidak dapat diselingi dengan keterangan-keterangan yang diucapkan sewaktu film diputar, penghentian pemutaran akan mengganggu konsentrasi audien.
    2.      Audien tidak akan dapat mengikuti dengan baik kalau film diputar terlalu cepat.
    3.      Apa yang telah lewat sulit untuk diulang kecuali memutar kembali secara keseluruhan.
    4.      Biaya pembuatan dan peralatannya cukup tinggi dan mahal.
    ·        Kelebihan dan kekurangan video
    a.      Kelebihan video
    1.      Dapat menarik perhatian untuk periode-periode yang singkat dari rangsangan lainnya.
    2.      Dengan alat perekam pita video sejumlah besar penonton dapat memperoleh informasi dari ahli atau spesialis.
    3.      Menghemat waktu dan rekaman dapat diputar berulang-ulang.
    4.       Keras lemah suara dapat diatur dan disesuaikan bila akan disisipi komentar yang akan didengar.
    5.      Guru bisa mengatur dimana dia akan menghentikan gerakan gambar tersebut jika diperlukan.
    b.      Kekurangan video
    1.      Perhatian penonton sulit dikuasai, partisipasi mereka jarang dipraktekkan.
    2.      Sifat komunikasinya yang bersifat satu arah haruslah diimbangi dengan pencarian bentuk umpan balik yang lain.
    3.      Kurang mampu menampilkan detail dari objek yang disajikan secara sempurna.
    4.      Memerlukan peralatan yang mahal dan kompleks.
    Ø  Kelebihan dan kekurangan media audio visual diam
    ·        Kelebihan dan kekurangan film bingkai
    a.      Kelebihan film bingkai
    1.      Materi pelajaran yang sama dapat disebarkan  secara serentak.
    2.      Perhatian anak-anak dapat dipusatkan.
    3.      Dapat dilakukan secara klasikal maupun individu.
    4.      Penyimpanannya mudah (praktis).
    5.      Mudah direvisi atau diperbaiki.
    6.      Relatif sederhana dan murah.
    7.      Program dibuat dalam waktu singkat.
    b.      Kekurangan film bingkai
    1.      Film bingkai yang terdiri dari gambar-gambar lepas mudah hilang jika penyimpanan kurang baik
    2.      Hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam.
    3.      Penggunaan program memerlukan ruangan yang gelap.
    `4.      Lebih mahal biayanya. 
    • Kegunaan Media Audiovisual 
    Menurut Idger Dale media audiovisual mempunyai potensi pokok antara lain  : 
    1.    Memberikan dasar-dasar kongkrit untuk berfikir 
    2.    Membuat pelajaran lebih menarik 
    3.    Memungkinkan hasil belajar lebih tahan lama 
    4.    Memberikan pengalaman-pengalaman yang nyata 
    5.    Mengembangkan keteraturan dan kontinuitas berfikir 
    6.    Dapat memberikan pengalaman-pengalaman yang tidak diperoleh dengan cara lain membuat kegiatan belajar lebih mendalam efisien dan beraneka ragam 
    7.    Media audio visual dapat dilakukan berulang-ulang   
    - Kelebihan Media Audiovisual
    Kelebihan Media Audio Visual, antara lain:
    a.    Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis  (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka).
    b.    Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti: Objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, filmbingkai, film atau model, Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar, Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed photografi, Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal, Obyek yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain. Konsep yang terlalu luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat di visualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar,dll.
      c.    Baik untuk semua siswa karena dapat mendengar dan melihat.
    d.   Variatif  karena jenisnya beragam, guru dapat menggunakan beragam film yang ada kartun , tiga dimensi, empat dimensi, dan documenter.
    e.    Bisa diperlambat dan diulang, sehingga anak akan lebih jelas dan paham.
                 f.     Dapat digunakan tidak hanya untuk satu orang.
    - Kelemahan Media Audiovisual
    Kelemahan Media Audiovisual, antara lain:
    a.    Terlalu menekankan pentingnya materi daripada proses pengembangannya dan tetap memandang materi audio-visual sebagai alat bantu guru dalam mengajar.
    b.    Media audio visual cenderung menggunakan model komunikasi satu arah.
    c.    Media audio-visual tidak dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, karena media audio-visual cenderung tetap di tempat dan dalam menggunakan video berarti memerlukan dua unit alat, yaitu VCD/DVD dan monitor TV, serta harganya relatif mahal.
    d.   Sering dianggap sebagai hiburan TV.
    e.    Kegiatan melihat video adalah kegiatan pasif.
    Penggunaan  Media Audiovisual dalam Pembelajaran
    Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan audio-visual untuk pembelajaran yaitu:
    a.       Guru harus mempersiapkan unit pelajaran terlebih dahulu, kemudian baru memilih media audio-visual yang tepat untuk mencapai tujuan pengajaran yang diharapkan.
    b.      Guru juga harus mengetahui durasi media audio-visual misalnya dalam bentuk film ataupun video, dimana keduanya yang harus disesuaikan dengan jam pelajaran
    c.       Mempersiapkan kelas, yang meliputi persiapan siswa dengan memberikan penjelasan global tentang isi film, video atau televisi yang akan diputar dan persiapan peralatan yang akan digunakan demi kelancaran pembelajaran.
    d.      Aktivitas lanjutan, setelah pemutaran film atau video selesai, sebaiknya guru melakukan refleksi dan tanya jawab dengan siswa untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi tersebut
    Sumber: 
    1. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/10/media-pembelajaran-audio-visual.html
    2. http://sakinahunpak.blogspot.com/2013/07/a_9.html
    3. http://ikacahya94.blogspot.com/2014/01/makalah-media-audio-visual-dan-animasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar